Resep Puding / Jelly Nyoklat + Vla Coklat

By Rizkika Widianti - 9:33 PM

Hey girls!!

Hari ini aku mau bagi - bagi resep yang lumayanlah menurut aku untuk dibuat kalo kalian lagi pengen makan yang manis - manis atau yang berbau coklat. Eh iya bisa juga kalian buat sebagai takjil buat berbuka puasa kayak sekarang ini. Resepnya simple banget kok. Bahannya bisa kalian temuin di supermarker / minimarket di deket rumah kalian. So lets get into it!!





-------------------------------- Puding Nyoklat ------------------------------------



Hmm kenapa sih namanya puding nyoklat? Padahal kan cuman puding biasa, ini juga pake nutrijell, bukan puding dong. Aku bilang puding ini nyoklat soalnya emang ada tambahan coklat bubuk dalam resepnya. Jadi rasa coklatnya emang lebih pekat. Disini emang aku pake nutrijell, tapi kalo kalian mau pake agar - agar pack yang lain juga boleh kok. Tinggal disesuaikan dengan keinginan aja.

Bahan :

1 bungkus nutrijell coklat (bisa diganti dengan agar - agar pack yang lain)


 
3 sdm coklat bubuk (disini aku pake merk COCOA)

Cara Pembuatan:
1. Buat nutrijell seperti biasa. Tapi disini aku gak ngikutin takaran bahan yang ada di belakang bungkus. Kalo takaran aku seperti ini:
100 gr gula pasir
400 ml air
Jadi bubuk nutrijell tinggal dicampur dengan gula. Kalian bisa langsung campur nutrijell nya dengan air, tapi sebelum dicampur air, aku menambahkan coklat bubuk. Sehingga jadinya seperti ini :

 

2. Aduk sampai rata kemudian pindahkan campuran tadi ke panci. Masak diatas kompor, setelah itu baru masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tujuannya supaya nanti pas dimasak gak menggumpal. Aduk terus sampai rata.


3. Setelah campurannya rata, kalian boleh menunggu sampai mendidih, tapi kalau sudah ada bubble - bubble di campurannya bisa langsung kalian angkat dari kompor. Lalu aduk - aduk lagi untuk menghilangkan hawa panas dari campuran tersebut, biar cepet dingin.


4. Kalau kalian rasa campurannya sudah dingin tinggal dituang ke cetakan / wadah. Disini aku pake wadah Tupperware soalnya biar gak ribet aja hehe. Kalian bisa langsung masukin kulkas, atau kalo dirasa masih panas, biarkan dulu di suhu ruangan sampai dingin, kemudian baru dimasukkan ke kulkas. Bukan freezer loh ya.



Di resep ini aku menggunakan takaran sendiri untuk pudingnya. Soalnya aku ngerasa takaran yang ada di bungkus itu kurang pas di aku. Jadi aku ngurangin airnya sampe setengah dari takaran supaya teksturnya lebih padat seperti puding daripada jellly, juga takaran gula aku kurangi karena bakal kemanisan. Tapi balik lagi ini preference kalian aja sih. Eksperimen aja!



-------------------------------------- Vla Coklat -----------------------------------------

 

Bahan :

 

1 bungkus Nutrijell My Vla rasa coklat


 
2 sdm coklat bubuk (disini aku pake merk COCOA)

Cara Pembuatan :
1.  Buat nutrijell my vla sesuai petunjuk yang ada di belakang bungkus. Tapi disini aku menambahkan bubuk coklat ke dalam campurannya. Kemudian baru dicampur dengan air. Aduk perlahan sampai tidak ada gumpalan dan mulai mendidih (terdapat bubble - bubble kecil) lalu angkat dari kompor.

 

2. Aduk terus sampai vla tidak terlalu panas, kemudian pindahkan ke wadah Biarkan sampai suhu ruangan, lalu vla bisa kalian masukkan ke dalam kulkas.




Annnnddd the final result is .....................




Teksturnya menurut aku lebih padat daripada jelly, cuman gak sepadat puding. Vla nya juga gak terlalu manis, tapi rasa coklatnya kerasa banget. Pas untuk dipadukan dengan puding/jelly yang kita buat tadi. So that's it, maaf kalo instuksinya masih gak jelas, atau gambarnya kurang bagus. Masih newbie hehe ... Hope you guys liked it!!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments