Ngebahas Masker Kefir yang Lagi Hits di Instagram

By Rizkika Widianti - 11:16 PM

 

Hey girls, udah pada tau tentang masker kefir? Masker yang lagi banyak banget dibicarain oleh kalangan beauty blogger dan artis - artis nih. Bertebaran berjamuran deh di instagram yang jualinnya. Liat testi - testinya banyak yang sukses bikin tergiur gak sih buat nyoba? Tapi sebelumnya aku mau jelasin dulu nih apa itu Kefir.
Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi menggunakan bibit kefir (berasal dari Kaukasian). Cara pembuatannya adalah dengan memasukaan butiran bibit kefir ke dalam susu sapi atau kambing. Kefir telah dikenal dan dikonsumsi masyarakat pegunungan Kaukasus Utara, Rusia, selama lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Biji kefir diyakini diberikan oleh Nabi Muhammad kepada rakyat Kaukasus dan menjadi semacam “pusaka” yang diwariskan secara turun temurun dan disebut sebagai The Grain of Prophet” (Benih dari Nabi). Di Eropa kefir sudah dikenal dan dikonsumsi lebih banyak dari yoghurt karena kefir diyakini merupakan hasil fermentasi tertinggi yg menghasilkan lebih dari 50 jenis bakteri baik (lebih banyak dr yoghurt) yg baik untuk tubuh sehingga kefir dianggap sebagai sumber pangan fungsional probiotik.
Nah Masker Kefir yang akan aku review ini aku dapet dari Glamski Organic (@glamski.organic). Ini bukan sponsored review ya girls, aku beli masker ini dengan uangku sendiri, dan memutuskan untuk review hasilnya di blog aku. Ini adalah penjelasan yang aku dapet dari instagram mereka.


'MASKER KEFIR'
Masker kefir yang kita produksi adalah masker yg dihasilkan dari fermentasi susu kambing etawa segar ditambah kolostrum dengan bibit kefir.

Dari hasil fermentasi tersebut dihasilkan padatan/curd yang dipisahkan dan diolah menjadi masker.
Masker yg kita jual 100% pure dan tidak menggunakan bahan tambahan lain.

Apa sih manfaat masker kefir?
1. Mengeluarkan tumpukan racun kimia di dalam kulit akibat penggunaan berbagai macam cream yg mengandung bahan kimia yang berdampak panjang pada kesehatan kulit (mendetoks kulit)
2. Membantu memutuskan siklus ketergantungan pada cream atau obat racikan tertentu
3. Membantu mengurangi iritasi yang disebabkan oleh terkikisnya lapisan epidermis kulit akibat penggunaan cream-cream yg mengandung logam berat seperti mercuri
4. Mengatasi masalah jerawat yg disebabkan oleh menumpuknya lemak di bawah lapisan kulit
5. Membuat PH kulit menjadi seimbang sehingga wajah terasa kenyal dan sehat
6. Mencerahkan kulit dengan alami
7. Membantu mengurangi flek2 pada wajah
8. Meregenerasi kulit mati
9. Merangsang timbulnya kolagen
10. Merawat kulit yg sering terkena debu,polusi dll.


Baca juga: [REVIEW] POND'S Acne Solution - Solusi Buat Wajah Berjerawat

Kalo kalian sebelumnya pernah menggunakan krim dokter / krim wajah yg menggunakan bahan kimia/merkuri maka kemungkinan kalian akan mengalami purging yang muncul dari pengaruh detoks ringan sampai berat (tergantung keadaan kulit). Tapi setelah proses ini terlewati, kalian akan mendapatkan kulit yang lebih bersih, cerah dan bebas jerawat pastinyaaaa. Kalo kalian ngerasa gak sanggup menjalani proses purgingnya, mending gak usah dicoba ya girls.

Nah sebelumnya aku kasih tau dulu ya kondisi kulit aku. Jadi kulit wajah aku ini tipenya normal - kombinasi. Cuman oily di bagian T - Zone, dan sisanya normal. Kulit aku juga termasuk jenis yang acne prone. Jadi setiap bulan, apalagi kalo udah mendekati menstruasi, pasti keluar jerawat. Aku juga sensitif dengan pelembab, gak tau kenapa setiap pake pelembab, abis 3 hari pake langsung jerawatan. Tahun 2014, aku pertama kali ngalamin breakout yang parah banget. Kayaknya sih gara - gara perubahan hormon, soalnya kejadiannya pas udah mau deket ulang tahun aku yg ke 20. Emang aku baca - baca sih kalo kita memasuki usia 20 tahun ke atas, akan ada beberapa yang mengalami perubahan di tubuhnya, termasuklah hormon *CMIIW*.

Baca juga: [REVIEW] Garnier Pure Active Matcha






Pas masa breakout itu udah hampir selesai, wajah aku jadi punya bekas jerawat yang merah - merah gitu, lumayan susah ngilanginnya. Kira - kira tahun 2015 kemaren, disaat wajah aku udah lumayan mendingan bekas jerawatnya, breakout nya dateng lagi :( lebih parah malah. Ditambah aku waktu itu ada ngikutin acara, dan ternyata makeup nya gak cocok sama aku. Makin jadi deh breakout nya. Bekas jerawatnya juga merah - merah gitu, tambah bikin aku gak pede keluar rumah tanpa concealer.

Di Glamski Organic ini ada berbagai macam paket masker yang bisa kalian coba. Kalo aku nyoba yg Paket Extra. Paket ini terdiri dari : 

          1. Masker 300gr, yang dibagi dalam 3 bungkus dan bisa digunakan selama 30 hari.

pack masker


          2. Toner Kefir 100ml

toner kefir


          3. Sabun Kolostrum

sabun muka


          4. Wadah plastik, buat wadah untuk maskernya

wadah plastik


          5. Gel ice pack dan brosur untuk cara penggunaan

gel ice pack dan brosur


Paket ini lebih ditujukan untuk kalian yang punya wajah berjerawat parah. Cocok deh sama kondisi aku, makanya aku pilih paket ini. Pengirimannya cepet, sehari sampe. Itu karena masker ini harus selalu dalam keadaan dingin, kalo enggak, bakteri - bakterinya bisa mati dan masker ini gak bisa dipake lagi.

 Cara pemakaiannya:
1. Bersihkan wajah menggunakan sabun kolostrum. Kemudian bilas sampe bersih
2. Oleskan masker kefir ke wajah yang sudah bersih. Tipis - tipis aja gausah tebel banget. Bisa menggunakan kuas atau jari tangan, kalo aku prefer pake jari tangan aja sih, praktis.

tekstur masker

3. Tunggu 15 - 20 menit, masker akan mengering dan menyerap ke kulit. Warnanya jadi transparan di muka kalian, dan agak berminyak.
4. Bilas dengan air sampai bersih. Kalo aku, biasanya pas bilas sambil dipijet - pijet dulu muka aku. Sehabis dibilas, aku ngerasa kulit lebih kenyal, lembab dan agak sedikit berminyak. Jadi gak keset kering gitu mukanya.
5. Pakai tonernya. Tinggal dituang ke kapas terus usapkan di wajah kalian.


What I thought:
Pas pertama kali pake, akan ada rasa cekit - cekit perih gitu di muka, tapi bukan sampe rasa kebakar gitu kok, masih bearable. Pas kalian selesai cuci muka dengan sabunnya, muka kalian akan kerasa kesat banget, tapi gak bikin kering ya. Di paket ini kita dikasih wadah plastik yang gunanya untuk menyimpan masker yang udah dibuka. Kalian bisa langsung tuangin maskernya ke dalam wadah, tapi menurut aku itu kurang higienis, karena nantinya kalian akan colak colek untuk ngambil maskernya. Saran aku adalah, kalian cukup gunting ujung dari pembungkus maskernya, jadi kalo kalian mau pake ya tinggal squeeze aja plastiknya, terus kalo udah selesai, simpen ke wadah plastik tadi, terus masukin kulkas. Simple kan? Lebih bersih dan ga ribet jadinya. Kalo sabunnya sih aku langsung pakein ke wajah aku yang udah dibasahin pake air. Jadi sabunnya diusap merata ke seluruh wajah, terus baru dipijet - pijet pake tangan, bilas deh. Menurut aku cara ini praktis, dan hemat hehe. Soalnya sabunnya gak gede kayak sabun mandi yang dijual di pasaran.

Masker ini punya wangi yoghurt yang kuat banget. Jadi kalo kalian gak suka wangi - wangi yoghurt / tape / susu asam, bakalan gak suka sama baunya. Berhubung aku suka banget yoghurt, jadi ya tiap kali pake masker ini ngiler muluu, rasanya pengen jilat hehe. Kalo tonernya punya wangi kayak tape, manis - manis enak gitu. Sabunnya ada bau - bau kayak apa yaa, hmm menurut aku kayak wangi sabun yang udah lama gak kepake gitu (?) dan sabun ini gak berbusa ya girls.

Oh iya saran aku gel ice pack nya ikut disimpen di kulkas. Soalnya di rumah aku sering mati lampu tuh, nah jadi ice packnya yang bakal bikin maskernya lebih bisa tahan.

BUNGKUS PERTAMA (14/7)
Jadi aku pake 1 bungkus pertama ini selama 16 hari, 2 minggu lebih loh. Jadi ini tergantung seberapa banyak kalian pakenya ya. Jadi aku pake 1 bungkus pertama ini selama 16 hari, 2 minggu lebih loh. Jadi ini tergantung seberapa banyak kalian pakenya ya. Sepuluh hari pertama aku pake, aku mengalami proses purging. Tapi gak sekali banyak gitu. Jadi jerawatnya muncul, trs sembuh, terus muncul yang baru lagi. Pertama aku pake, ada 3 jerawat muncul di dahi. Dan aku punya jerawat di pipi kiri yang gak sembuh - sembuh, abis pake masker ini jerawatnya mulai mengempis.  

Aku lupa buat foto sebelum pake ini, keburu semangat sih ya. Tapi ya kalian bisa liat sendiri dari foto di bawah. Foto ini setelah aku pemakaian 2 minggu itu. Lumayan banget loh hasilnya. Kalo aku kira - kira, sebelum pake ini, muka aku itu parah banget merah-merah bekas jerawatnya. Yang bener merah gitu warnanya. Oh iya jerawat yang bumps gitu di kulit juga masih ada, di bagian pipi kiri (di bagian kanan bawah foto, liat aja yang paling merah) cuman udah lumayan banget ngempesnya. Gila bener deh ya. Padahal itu jerawat udah 2 bulan gak ilang - ilang. Kalo kayak kata kak suhay, Sinting :D


setelah 1 bungkus pemakaian



BUNGKUS KEDUA (19/8)
Bungkus kedua ini aku habis setelah 20 hari pemakaian. Lebih lama soalnya aku udah mulai kuliah lagi jadi pakenya gak selalu 2x sehari, kadang sekali sehari aja pas malem soalnya pagi kuliah. Proses purging nya udah gak ada lagi. Paling aku jerawatan kalo sebelum mens aja. Tapi emang gak sampe mateng banget jerawatnya kalo aku pakein masker ini. Jerawatnya juga jadi cepet kering. Nah karena aku mulai kuliah, muka aku mulai adaptasi lagi sama keadaan di luar (soalnya pas libur aku kebanyakan di rumah). Biasanya kalo gini muka aku suka jerawatan lagi. Dan yaa aku jerawatan juga tapi yaa again berkat masker ini gak terlalu parah banget jerawatnya.

Bisa kalian liat kalo merah - merahnya udah jauh membaik, juga ada beberapa bekas jerawat yang mulai ngilang. Oh iya update buat si bumps yang gak ilang - ilang itu, it's officially gone now :) Ya ampun seneng banget deh, akhirnya dia ilang juga. Sebel banget itu si bumps bikin contour aku jadi kurang oke. Soalnya posisinya pas banget di line contour aku. Bumpsnya aja yang ilang, tapi bekas kemerahannya masih aja, which is okay buatku. Namanya skin care bahan alami gini kan emang hasilnya gak instan.


setelah 2 bungkus pemakaian


BUNGKUS KETIGA (5/9)
Bungkus terakhir nih, habis dalam 17 hari. Lumayan cepet karenan aku pakenya kadang suka tebel, iseng aja sih. Nah di bungkus terakhir ini awalnya aku ngerasa gak ada perubahan apa - apa. Tapi setelah aku perhatiin lebih teliti lagi, bekas jerawat aku yang merah - merah itu (hyperpigmentation) mulai memudar. Gak langsung sampe ilang banget gitu sih, tapi lumayanlah. Dan setelah aku mulai ngegabungin foto - fotonya, baru bener keliatan bedanya. Lumayan jauh loh. Top bener deh. Tonernya juga udah abis di sekitaran tanggal 30 Agustus. Jadi setelah itu aku cuma pake masker sm sabunnya aja. Oh iya sabunnya masih banyak nih padahal maskernya udah abis. Tapi aku tetep pake sabun ini kayak sabun cuci muka aku kayak biasa. 

Baca juga: Tuntaskan Bekas Jerawat dengan Laderma

Kalo pegang muka sekarang seneng banget deh, mulus gitu. Concealer lebih hemat soalnya pakenya gak usah tebel - tebel amat.
 
setelah 3 bungkus pemakaian



Here's the differences,


forehead progress

right cheek progress

left cheek progress

Bikin ketergantungan gak? Gak kok. Ini udah kayak semingguan deh ya aku gak pake lagi masker ini, gak ada efek apa - apa kok. Dan kayaknya jarang deh skincare yang bahannya alami gini bikin ketergantungan. Intinya sabar aja, dan konsisten. Hasilnya emang gak instan, tapi efek jangka panjangnya akan membuat kalian terkejut. Anggep aja skincare itu sebagai investasi masa depan. Mau kan di masa tua nanti kulitnya tetep kece. Kalo belom sanggup beli skincare yang agak mahal, coba dulu bahan - bahan yang di dapur. Banyak banget loh yang bisa dipake dan punya hasil yang oke. Intinya kenali jenis kulit kalian, apa yang bikin iritasi, apa yang dibutuhkan. Aku sekarang lebih milih pake masker bahan - bahan alami buat ngerawat kulit aku. Dan hasilnya oke loh.

Baca juga: #CantikTanpaBekasLuka Bukan Impian Lagi dengan Laderma


PROS
- lebih murah dan produk yang didapat lebih banyak
- isi produknya banyak bahkan bisa untuk lebih dari 30 hari
- hasil yang didapat cukup signifikan
- bahannya alami
- gak buat ketergantungan



CONS
- karena bahan alami harus tetep masuk kulkas
- baunya lumayan menyengat (untuk yang gak biasa)


Overall i really love this mask. Penyelamat wajah aku banget deh. Yang jelas aku ngerasa muka aku jauh lebih mendingan dari yang sebelumnya. Masih tetep harus pake concealer kalo kemana - mana sih, tapi pakenya gak setebel dulu. Eh iya btw kalo kalian mau coba masker kefir lain, mungkin hasilnya gak jauh beda. Tapi waktu aku baca testinya sih ada yang bilang lebih cocok pake yang merk ini. Aku cuman ngasih gambaran aja gimana masker ini dan manfaatnya di aku. Yang jelas aku pilih Glamski Organic ini soalnya pertimbangan harga dan produk apa aja yang didapet.
Repurchase? Yes of course but not right now. Ada masker lain yang pengen aku coba. Dan juga mau ngabisin masker lama aku yang udah terbengkalai gara - gara pengen fokus nyobain ini dulu. Mungkin nanti aku mau beli yang varian green tea atau charcoal.

Semoga ini bisa membantu kalian yang punya masalah seperti aku ya. I know the big struggle of going out with your own bare skin without makeup because of those acne scars. Aku tau kalo muka kita lagi jerawatan / acne scar lagi meradang itu sebenernya jangan ditutupin pake makeup, biar kulit kita bernafas. Tapiii ya gimana ya, nyari pede nya itu loh yang susah. Mungkin orang lain gak peduli, but we do. Well for me, i wore makeup because i wanna feel good about myself, i conceal all those scars because i want to, because thats makes me feel good. Intinya kalian mau pake makeup atau enggak, mau tujuan buat apa terserah kalian. Do what you have to do to make yourself feel good :) 

  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. Wih lumayan ok ya hasilnya. Kepo banget sama masker kefir tp wajah aku ga ada masalah berat sih, cuma whiteheads dikit pas mau dapet. Hehe. Seneng liat wajah kamu lebih mulus kak, pasti lebih pede. :)

    Jhosisnote.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan banget buat aku, hampir putus asa banget deh sama muka abis breakout itu :(

      kalo gak ada masalah berat sih boleh2 aja mau coba, cuman takutnya pas proses purgingnya itu gak bisa ditebak kan bakalan gimana..

      iya alhamdulillah banget sekarang lebih pede, pake concealer gak perlu tebel2 banget :D

      Delete
  2. wahh.. lumayan ya hasilnya.
    cuma emang hasilnya bertahap ya..

    i just followed your blog. do you mind following me back? thank you!

    beautynothebeast.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo skin care natural gini kan efeknya emang gak langsung, gak masalah buat aku yang penting gak bikin nambah parah..

      yup, followed you back! thankyou for visiting :)

      Delete
  3. halloo rizkika, ikut seneng bacanya pas tau kondisi wajah kamu udah membaik. aku pengen banget coba masker kefir tapi takut breakout nya huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga gia!
      berhubung itu juga udah pasrah, akhirnya nekat - nekat aja nyobain, ternyata cocok ^^

      Delete
  4. Keren infonya. Sebagai tambahan referensi kita :
    Mau tau Fakta Penelitian tentang Manfaat Kefir untuk Kulit, Probiotik, Anti-tumor, Imun dll.
    Cek di http://alamipedia.com/kulit-kefir/

    ReplyDelete
  5. Halo! Aku kemarin nyoba masker kefir lumayan bagus sih hasilnya tapi ga se wow orang-orang pake:( mungkin harus rutin ya pakenya. untung aku ga ada masalah apa-apa soalnya sebelumnya aku pake krim dokter hehe

    btw salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kalo kefir emang harus rutin pakenya, aku maksain biar disiplinn pakenya biar keliatan hasilnya. tapi enak dong kalo emang kulitnya gak bermasalaahh

      Delete
  6. Itu pas pake bungkus yg pertama emg sebelum pakai kefir wajahnya udh banyak jerawat gitu kak ato berjerawat garagara detox ? Thx

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum kak hehe aku lusi ni kaa baru coba masker kefir 5harian huhu gk sabar liat hasil walaupun masa detoxnya bikin gk pd kemana mana ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ whis me luck yaaa hehe

    ReplyDelete
  8. Halo sis selamat sore,
    Kunjungi outlet kami di Produk Kecantikan Kefir..untuk lebih detailnya sis dapat melihat produk-produk kami apa saja mulai dari scrub, lotion, day cream, night cream, toner, facial dan masker yangmana sudah terdaftar di BPOM RI dan banyak testimoni dari narasumber yg sudah memakai. Silahkan check di situs kami www.produkkecantikankefir.com dan instagram di https://www.instagram.com/kefirbeautydepok/...Terimakasih dan salam sahabat kefir

    ReplyDelete