[REVIEW] Bamboo Brush [Penjelasan Detail serta Fungsinya]

By Rizkika Widianti - 9:18 PM

 

So it's been a year since a have this brush set. I updated all of my review about this brush because i've been using this set a lot so i know about how each of these brushes worked and how i would use them. Dan juga bamboo brush ini sekarang super hype banget loh di indonesia. Jadi sekalian membantu buat para pemula yang baru beli brush ini dan lagi kebingungan mau makenya dimana dan buat apa aja.


Aku kurang tau juga sebenernya brush ini nih merk apa yang benernya ya. Dulu waktu aku beli sih namanya Bluelans Wood Makeup Brush, tapi sekarang yang lebih terkenal namanya Bamboo Brush ya. Jadi di dalam satu set ini terdapat 11 buah brush yang terdiri dari 6 brush untuk complexion (muka) dan 5 brush untuk eye makeup. Nama serta fungsi tiap brush ini gak ada di gagangnya ya. Walaupun harganya murah, tapi kalo dilihat sekilas sih gak keliatan murah. Waktu aku pegang pun brush ini berasa lebih berat gitu loh, bukan ringan banget yang jadi berasa kayak mainan aja. Terus bulunya juga super halus. Oh and all of these brushes i think using synthetic hair.

Baca juga: [REVIEW] Sleek i-Divine Palette – Oh So Special

 

Dalam set ini juga terdapat tas kecil untuk menyimpan brush nya. Jujur sih aku gak pake tas kecilnya ini kalo lagi mau bawa brush ini kemana - mana. Bukan karena gak bagus, tapi gak muat. Aku kalo travelling emang agak banyak makanya gak muat :D

Baca juga: [REVIEW] Make Up For You Brush, Another Cheap Set of Brushes  



Okay, yang pertama kita bahas adalah 6 brush untuk complexion dulu ya. Nama - nama brush yang aku sebutin di bawah ini bukan yang pasti bener. Ini hanya berdasarkan gimana aku pakenya aja.


1. Flat Foundation Brush 



Sebenernya aku gak pernah pake ini buat aplikasi foundation. Soalnya emang kurang suka hasilnya aja. Jadinya aku lebih sering pake brush ini buat aplikasiin masker aja. Tapi menurutku sih brush ini agak lebih tebal dari flat foundation brush yang biasa aku liat. Jadi kemungkinan agak banyak menyerap produk gitu.


 2. Flat Top Brush




Brush ini merupakan salah satu brush favorit aku buat aplikasiin cream foundation yang biasa aku pake sehari - hari. Soalnya brush ini bikin foundation aku lebih full coverage dan lebih cepet ngeblend nya. Nah kalo untuk liquid foundation sih lumayan bagus, bikin full cover juga. Cuman aku kadang ngerasa kurang nyatu aja sama kulit dan kadang agak sedikit streaky. Biasanya aku pakenya sih dengan cara stippling, biar lebih full cover.


Brush ini bentuknya juga lumayan kecil, handlenya lumayan pendek. Aku pernah liat di salah satu video youtube kalo mau liat apakah flat top brush itu bagus atau enggak, coba ditegakkin dengan posisi bulu brush di bawah. Seperti gambar di atas dan brush ini tegak dengan seimbang. Wih oke juga ya. Brush ini udah berkali - kali aku cuci dan kadang emang suka shedding, juga untuk brush yang ini yang punyaku kayaknya sih lem nya udah mulai agak lepas. Mungkin gara - gara pas aku cucinya, bagian ferrule nya ini sering kena air, makanya lama - lama lem nya lepas.


3. Mini Kabuki Brush




Berdasarkan bentuknya sih emang aku ngerasanya ini emang kabuki brush versi mininya. Cuman sih menurut aku kabuki brush ini kurang padat bulu - bulunya. Jadi waktu aku pake untuk apply foundie, hasilnya kurang bagus dan gak kokoh gitu loh. Tapi waktu aku pake untuk apply powder, hasilnya ternyata bagus



Aku ngelakuin tes yang sama dengan flat top brush pake mini kabuki brush ini. Ternyata hasilnya sama juga kalo brush ini ditegakkin, bisa berdiri dengan seimbang. Cuman menurutku brush ini akan lebih bagus lagi kalo bulunya lebih pendek dan lebih padat lagi.


4. Round Top Foundation Brush




Jujur awalnya aku pake brush ini buat aplikasiin blush aja, itu pun jarang. Cuman berhubung flat top brush yang biasa aku pake itu udah mulai rusak, akhirnya sekitar bulan kemaren aku coba pake ini buat aplikasiin foundation. Sebenernya juga hasil liat review - review di youtube, banyak yang bilang kalo model brush kayak gini tuh emang bagus buat blending foundie. Dan ternyata emang bener! Foundation aku lebih cepet ngeblend nya pake brush ini. Terus coveragenya juga tetep jadi full.





Sebenernya kalo emang diperhatiin bener, wajar aja kalo hasil foundie nya tetep full cover soalnya emang brush nya ini padat banget, lebih padat daripada yang flat top brush. Pas dipake buat blending pun rasanya lembut di kulit. Akhirnya brush ini jadi holy grail aku buat ngeblend foundation!



5. Blush Brush





Brush ini selalu jadi holy grail aku buat apply contour dan blush. Bentuknya yang agak pipih pas banget buat ngebentuk tulang pipi kita tapi tetep fluffy jadi oke banget buat blend contour powdernya. Berhubung aku lebih suka blush yang natural gitu, ukuran brush ni pas banget buat aplikasiin blush di atas tulang pipi.


6. Highlighting Brush




Jujur aku gak terlalu tau ini brush fungsinya buat apa. Tapi aku lebih sering pake brush ini buat apply highlighter. Bentuknya agak pointy jadi bisa ngasih highlight dengan presisi tapi tetep fluffy jadi enak buat blend highlighternya jadi lebih nyatu ke kulit.




Selanjutnya yang mau aku bahas ini adalah brush yang aku pake untuk eye makeup.


7. Angled Brow & Liner Brush

 

 

Berdasarkan bentuknya yang agak angled dan bulunya agak tipis, menurutku ini brush untuk eyebrow dan eyeliner. Cuman jarang aku pake sih. Soalnya menurutku masih kurang tipis jadi pas buat straight line jadi kurang clean looking aja gitu.


8. Blending Brush


 

Awalnya sih aku kira blending brush ini kegedean dan jadinya gak bisa dipake buat blending. Tapi ternyata waktu aku coba untuk apply transition color di crease mata, hasilnya bagus. Gak terlalu presisi, tapi hasil blend nya bagus. Aku akhirnya lebih sering pake ini hanya untuk blending aja, misal untuk blending di outer crease, blending warna di bagian crease, dan kadang untuk di bawah mata juga. Bukan dipake untuk apply eyeshadow. Hasilnya bagus banget!


9. Angled Blending Brush



Brush ini bentuknya angled dan lumayan fluffy. Karena bentuknya yang angled ini, jadi perfect banget untuk untuk blend eyeshadow di crease mata aku. Awalnya aku kira ukurannya bakalan kegedean buat mata aku, ternyata ukurannya lumayan pas kok. Bikin blend eyeshadow di bagian crease jadi lebih gampang.


10. Flat Eyeshadow Brush (approx. 16.5cm)



Brush ini bentuknya pipih dan agak tipis. Terus kaku juga, tapi bulunya tetap halus dan gak nusuk mata. Cocok banget untuk ngambil eyeshadow dan di aplikasikan ke mata. Biasanya aku pake brush ini untuk aplikasiin shimmer shadow ke eyelid.


11. Pencil Brush



Awalnya aku bingung banget brush ini mau dipakenya dimana. Akhirnya setelah beberapa kali nontonin makeup tutorial aku baru ngeh kalo ini nih namanya pencil brush dan dipakenya biasanya untuk aplikasiin eyeshadow di bagian bawah mata yang deket waterline itu. Brush ini juga bulunya kaku tapi gak keras yang bikin nusuk mata gitu loh. Aku sering banget pake ini buat di bawah mata dan gak berasa sakit, mungkin kalo buat blend eyeshadow kurang bagus sih soalnya kurang fluffy.

Ini penting ya, kalo kalian baru beli, jangan lupa dicuci dulu sebelum dipake. Soalnya aku ngerasa bau kimianya lumayan kuat waktu brush ini pertama kali sampe. Tapi setelah dicuci baunya ilang kok. Brush set ini sih udah sekitar setahun aku pake dan udah berkali - kali dicuci. Bulu brush nya sih udah mulai ada yang shedding sih satu per satu. Cuman bukan sekali banyak juga dan bukan pas masih awal - awal dicuci. Yang paling sering shedding itu sih bagian face brush nya. Kalo untuk eye makeup brush nya malah aku gak ngerasa ada yang rontok sama sekali.

Belinya dimana? Sekarang sih enak ya, brush set ini udah gampang banget dicari dimana - mana. Tokopedia, shopee, bukalapak, lazada pasti ada semua. Online shop di instagram pun udah banyak yang jual kok. Kalo kemaren aku beli sekitar 75 ribuan. Nah buat yang sering liat - liat di shopee (like me) pasti sering liat kan brush set ini harganya super duper murah. Ada yang 25 ribu, 30 ribu, 40 ribu, cuman liat dulu itu biasanya kirim dari luar negeri makanya harganya murah. Kalo aku sih gatau apa set ini ada yang palsunya juga. Next time sih aku mau coba beli yang dari luar negeri itu, dasar penasaran aja. Akan aku update kalo udah beli ya.

Baca juga: [REVIEW] Beauty Creations Eyeshadow Palette - Irresistible, Dupe ABH Modern Renaissance?

Overall, aku suka banget sama brush ini, murah dan kualitas oke. Bener - bener gak nyangka bisa sebagus ini, yang dari awalnya coba - coba. Buat kalian yang cari rekomendasi brush set di bawah 100 ribu, ini bisa jadi pilihan kalian. Hope this review would help you guys out there <3

  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. Aku sering liat brush ini dimana mana, Lazada, Shoppe harganya juga macem2 gitu, aku sampe kalo mo beli suka ragu, terutama sih takut bulunya ngga lembut dan gampang rontok. Mungkin setelah baca ini aku bakal tergerak hatinya buat beli hihi


    https://chamtea.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya itu selain harganya macem2, brandnya juga suka lain2. Tapi kalo yang aku beli sejauh ini blm pernah rontok bulunya. Padahal aku lumayan rajin cuci dan pake terus, cobain deh ^^

      Delete
  2. maju mundur cantik terus tiap mau beli brush ini, aku lagi addicted sama real techniques :'))

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh kalo real techniques mah lain kelas ama yang ini :' aku juga udah mupeng banget sama brush2nya, lagi berjuang mengumpulkan pundi2 duit biar punya juga XD

      Delete
  3. Flat top brush sm angeled crease brushnya jadi naksir hehe

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua2nya jadi brush favorit aku, angled creasenya itu pas banget buat crease aku, gampang ngeblendnya juga. gak terduga banget deh brush ini XD

      Delete
  4. wah bener bener nice review banget kak. aku bener bener lagi cari brush yang harganya murah meriah. dan untung ketemu review kakak yang ini. btw eco brush sama flat top brush apa bedanya ya kak? cuma ukurannya aja gitu yg beda :'D

    lindadevip.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaa senengnyaaa bisa membantu ^^

      Kalo menurut aku sih sama aja fungsinya, cuman beda ukuran aja sih. Brush merk ini emang murah meriah banget deh dengan kualitas super okee

      Delete
  5. Owalah jadi namanya bluelans toh.. Sering banget liat dimana2 tapi bilangnya cuma wooden brush gitu.. Fix masuk wishlist haha

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang2 malah unbranded brush namanya. Bagus banget brushnya. Wajib coba~

      Delete
  6. wah, aku waktu itu beli soft pore brush buat cuci muka sepaket sama flat top brush nya ini, emang lembut banget, suka :D
    terus suka liat juga deh ada yang jual brush gagangnya berwarna tapi keliatan elegan, lucu dan murah. jadi penasaran, hihi

    natahsu.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe sekarang sih flat top ini jadi favorit aku banget buat apply concealer / foundie. ganti2 sama kabuki brush. yang 24 set itu ya? kalo ituu aku beli jugaa udah aku review juga di blog hehe

      Delete
  7. hai aku lg cari brush yg murmer tp kualitas lumayan hehe.. selain di lazada dimana lg ya aku bisa dapet dgm hrga segitu ?:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari di shopee / tokopedia. biasanya sih namanya unbranded bamboo brush ^^

      Delete
  8. Jadi tertarik pengen beli deh, makasih ya reviewnya lengkap dan jelas banget :)

    tifanydheanisa.wordpress.com

    ReplyDelete
  9. Artikelnya sangat membantu. Mampir juga ke blog saya merlynpatriscia.blogspot.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Kak beli ini dimana? Bisa dong kasih tau online shopnya juga, takut dpt super kw nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren sih beli di lazada, tapi di shopee udah banyak kok. Sejauh ini belom nemu kw nya sih soalnya emang harganya udah murah. Mungkin kalo nemu yang harganya sampe 20ribuan itu ngirimnya dari luar negeri

      Delete